Rabu, 14 November 2012

Cara Mudah Copy Artikel dari Wikipedia


Cara Mudah Copy Artikel dari Wikipedia - Memang terkadang untuk menulis sebuah artikel dengan keterbatasan wawasan yang kita miliki merupakan salah satu kendala utama di dalam menulis artikel. Sehingga tidak jarang seorang Blogger melakukan kopipaste atau yang sering disebut dengan copas dilakukan.

Cara Mudah Copy Artikel dari Wikipedia

Di internet ada banyak sekali artikel, gambar, lagu, film, game, dokumen yang bisa kita comot dengan mudahnya. Akan tetapi dari sekian banyak artikel atau konten yang beredar, dikatakan ada materi yang memiliki hak cipta dan materi bebas. Materi yang berhak cipta tidak bisa kita ambil seenaknya saja.  Sedangkan materi bebas baru bisa kita salin untuk kita pergunakan kembali.

Ada pengakuan yang jujur dari seorang blogger ( yang saya baca artikelnya ) yang mengatakan bahwa seorang blogger tidak mungkin tidak pernah mencopas isi atau materi dari orang lain baik yang memiliki hak cipta atau yang tidak. Saya sangat setuju dengan pengakuan gentleman seperti ini. Karena memang pada umumnya seorang blogger bekerja hanya dari dalam rumah, bukan di luar layaknya seorang wartawan. Tentu saja memiliki keterbatasan waktu.

Terus terang sampai pada saat artikel ini saya tulis, saya masih belum bisa membedakan mana materi yang berhak cipta dan mana yang tidak. Sebab baik artikel yang saya baca maupun gambar yang saya ambil tidak disebutkan kalau materi yang kita ambil berhak cipta atau tidak. Dan sampai sejauh ini, saya belum mendapatkan artikel yang membahas secara lengkap tentang apa yang dimaksudkan materi berhak cipta dan tidak serta bagaimana ciri-cirinya. Kalau di buku-buku, memang ada ditulis secara jelas bahwa isi dari buku tersebut memiliki hak cipta. Bagi yang memperbanyak atau menyalin atau dsbnya... dsbnya.... bisa dituntut penjara seumur hidup atau denda maksimal 500juta, misalnya.

Oke deh, terlepas dari hal itu, sekarang saya ingin mencoba menshare apa yang menjadi sepanjang pengetahuan saya tentang sebuah ensiklopedia bebas yang bisa kita ambil isi / materi yang ada di dalamnya. Ya, Wikipedia. Wikipedia yang merupakan sebuah 'gudang artikel' terbesar di jaringan internet merupakan sebuah ensiklopedia bebas yang bisa kita ambil secara bebas dan yang bisa diperjualbelikan meskipun disebutkan bahwa isi atau materi dari Wikipedia mempunyai hak cipta. Asalkan kita menyalin isi atau materi yang ada di sana sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah menjadi acuan mereka.

Nah, bagaimana caranya dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan mereka? Seperti begini, pada saat kamu masuk ke wikipedia, carilah artikel yang kamu inginkan melalui kotak pencarian. Setelah kamu dapatin artikel tersebut, langkah selanjutnya adalah kamu akan disuruh menyematkan link, tanggal penyalinan dsbnya dengan format-format yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan format tersebut, kamu harus masuk ke tab 'kutip artikel ini'. Setelah masuk ke tab 'kutip artikel ini' yang terletak di sebelah kiri layar, akan muncul sejumlah format yang telah ditetapkan mereka untuk kamu lampirkan di bawah artikel yang kamu salin.
Share on :
 
© Copyright Top Online News | Toko News 2011 - Some rights reserved | Powered by | Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Supported by Toko Blog N GoogleCara Mudah Copy Artikel dari Wikipedia