Selasa, 04 September 2012

Dua Situs Zaman Besi Ditemukan di Finlandia



[imagetag]

HELSINKI Arkeolog asal Finlandia menemukan pelabuhan besar yang diyakini telah ada pada 1000 sampai 1200 masehi di desa Ahvenkoski. Situs yang ditemukan arkeolog pada musim gugur 2012 tersebut, mengungkap peninggalan bersejarah seperti tungku peleburan besi, tang, serta ratusan benda besi lainnya.

Dilansir Popular-archaeology, Selasa (4/9/2012), peninggalan bersejarah tersebut serupa seperti yang ditemukan di pemukiman Viking, di berbagai wilayah bagian Baltik, Skandinavia dan Islandia. Pada Agustus 2012, di daerah yang sama, arkeolog menemukan lahan berukuran 2 x 3 meter yang diyakini sebagai makam Tentara Salib (Crusade) atau Zaman Viking.

Di tempat tersebut, ditemukan pula artefak termasuk kapal perang, pisau, baja api dan gesper berbahan perunggu. Objek yang sama juga ditemukan di area Laut Baltik dan di Ladoga Karelia. Gesper tersebut juga persis dengan yang ditemukan di Gotland.

Situs lain yang ditemukan baru-baru ini terletak di Viirankoski, Loviisa. Berdasarkan temuan, situs tersebut telah ada sejak Periode Migrasi pada era Merovingian Dynasty dan Zaman Viking. Benda serupa juga ditemukan di Swedia, tepatnya di area Danau Malaren, Birka dan Goteborg.

Di tempat tersebut juga ditemukan tungku peleburan besi, tang, keramik buatan tangan dan banyak benda berbahan logam lainnya. Menurut arkeolog yang dipimpin Timo Miettinen, penemuan ini merupakan hal yang luar biasa. Makam Ahvenkoski ini bisa dianggap sebagai Zaman Viking atau periode Crusader yang paling penting yang pernah ditemukan di Teluk Finlandia.

Ketika para peneliti dari Dewan Nasional Finlandia Antiquities melakukan survei mereka pada 2005, mereka tidak menemukan apapun. Bagian penting dari kedua situs itu telah dihancurkan oleh konstruksi pembangunan jalan baru dari Helsinki ke Kotka, tanpa melakukan penyelidikan ilmiah yang tepat.



sumber
785583


Share on :
 
© Copyright Top Online News | Toko News 2011 - Some rights reserved | Powered by | Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Supported by Toko Blog N GoogleDua Situs Zaman Besi Ditemukan di Finlandia