Senin, 06 Agustus 2012

Ini Dia Peraih Medali Terbanyak Sepanjang Sejarah Olimpiade

 
[imagetag] Atlet renang Amerika Serikat, Michael Phelps berhasil mencatatkan namanya menjadi Olimpian yang paling banyak mengoleksi medali di ajang multievent empat tahunan tersebut.

Phelps berhasil meraih medali ke-19 dan memecahkan rekor yang sebelumnya ditorehkan oleh atlet senam Uni Soviet, Larisa Latynina dengan raihan 18 medali. Ia memecah rekor saat bersama tim renang AS merebut medali emas di nomor 4x200 estafet gaya bebas putra di Aquatic Centre, London.

Beberapa jam sebelumnya, Phelps sendiri berhasil meraih predikat terbaik kedua dan berhak atas medali perak di nomor 200 meter gaya kupu-kupu.

"Saya kehabisan kata-kata saat ini, melakukan sesuatu yang belum pernah diraih siapapun sebelumnya merupakan hal yang selalu saya ingin lakukan," ujar Phelps mengekspresikan kesuksesannya.

Namun, Phelps mengaku sedikit kecewa dengan hasil di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra yang selalu mengantarkannya mendapatkan medali emas di dua olimpiade sebelumnya, Athena 2004 dan Beijing 2008.

Phelps kalah tipis dari perenang Afrika Selatan Chad le Clos di nomor tersebut. Ambisinya meraih tiga emas berturut-turut dari tiga ajang Olimpiade di nomor 200 Meter gaya kupu-kupu pun kandas. Bentuk kekecewaannya ia lampiaskan dengan cara melempar topi renangnya.

Latynina sendiri dalam sebuah sesi wawancara dengan media Amerika melontarkan sebuah lelucon yang menyebutkan sudah saatnya seorang atlet pria mengalahkan raihan yang pernah diraih oleh atlet wanita puluhan tahun yang lalu. "48 tahun sudah cukup bagi saya memegang rekor tersebut," candanya.

Latynina sebenarnya berharap bisa memberikan selamat secara langsung kepada Michaels Phelps yang telah memecahkan rekornya, namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) tidak mengizinkannya, "Peraturan tidak memperbolehkan saya melakukan hal tersebut," tukas Latynina yang mendapat medali ke-18 di Olimpiade Tokyo 1964.

Latynina juga menyatakan di antara atlet wanita, dirinya merasa rekornya masih belum akan terpecahkan.

Phelps yang sebelumnya menyatakan akan pensiun setelah Olimpiade London 2012, sebenarnya baru bersinar sejak Olimpiade Athena 2004 dengan raihan 6 medali emas dan 2 medali perunggu.

Di Olimpiade Sydney 2000 ia tidak memenangkan satu medalipun. Raihan terbaiknya dicetaknya di Olimpiade Beijing 2008, saat ia mampu menyaingi perolehan medali emas seniornya, Mark Spitz yang meraih 7 medali emas di Olimpiade Munchen 1972.

Total Phelps mendapatkan 8 medali emas dari Olimpiade Beijing 2008. Raihan 19 medali Phelps saat ini terdiri dari 15 medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu.

Di Olimpiade kali ini, Phelps sendiri masih berpeluang menambah raihan rekor medalinya di ajang Olimpiade. Ia masih akan berlaga di 3 pertandingan lain, yaitu di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra, nomor favortinya karena ia meraih emas di dua ajang Olimpiade sebelumnya. Kemudian di nomor 200 meter gaya ganti putra, nomor yang juga dirajai oleh Phelps di dua Olimpiade sebelumnya. Dan terakhir di nomor beregu 4x100 meter gaya gantiu putra.
Sumber
009832
Share on :
 
© Copyright Top Online News | Toko News 2011 - Some rights reserved | Powered by | Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Supported by Toko Blog N GoogleIni Dia Peraih Medali Terbanyak Sepanjang Sejarah Olimpiade