Kamis, 26 Juli 2012

Harga Naik, Kok Pemerintah Cuma Mengimbau


[imagetag]

JAKARTA, Pemerintah tidak sepantasnya hanya memantau dan mengimbau, tetapi mestinya harus memfungsikan kelembagaan yang ada untuk mengontrol harga secara nyata sehingga peran pemerintah akan tampak dalam mengendalikan harga untuk kepentingan masyarakat.

"Tidak cukup pemerintah hanya melakukan pemantauan dan imbauan. Itu bukan fungsi pemerintah. Pemerintah harus melakukan tindakan nyata," ujar Mardani, anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang duduk di Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (26/7/2012), menanggapi melambungnya harga bahan kebutuhan pokok.

Menurut Mardani, kenaikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang puasa seolah seperti rutinitas tahunan yang dianggap sebagai pemakluman dan kewajaran. "Hal ini menunjukkan pemerintah tidak memiliki sensitivitas yang tinggi dengan permasalahan masyarakat," ujarnya.

Padahal masalah ini selalu terjadi setiap tahun, dan baik masyarakat maupun pengamat ekonomi selalu memberikan masukan kepada pemerintah. Semestinya pemerintah mempunyai langkah-langkah antisipatif sejak awal. Pemerintah, melalui Menteri Perdagangan, juga selalu menyebutkan stok bahan-bahan kebutuhan pokok atau pangan aman, dan distribusi dijamin lancar dan dapat langsung masuk ke pasar.

"Pernyataan tersebut tidak menjawab kebutuhan masyarakat. Yang dibutuhkan masyarakat sekarang adalah harga yang normal dan stabil. Masyarakat selama ini tidak pernah mengeluhkan kekurangan bahan kebutuhan pokok. Tapi yang dikeluhkan adalah harga yang melambung tinggi," ujar Mardani.
[imagetag]

Sumber

 



812562
Share on :
 
© Copyright Top Online News | Toko News 2011 - Some rights reserved | Powered by | Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Supported by Toko Blog N GoogleHarga Naik, Kok Pemerintah Cuma Mengimbau